Workshop Penyusunan Administrasi Pendidik SMKN 3 Yogyakarta

SkagataNews -Unit Kerja WKS Kurikulum,Selasa (26/5) dan Rabu (28/5), mengadakan workshop Penyusunan Administrasi Pendidik untuk seluruh Guru Mata Pelajaran maupun Guru Bimbingan Konseling  SMKN 3 Yogyakarta. Bertempat di Aula SMKN 3 Yogyakarta, kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan bentuk administrasi sesuai dengan Kurikulum 2013.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yg diwakili oleh Kabid Dikmen, Suhartati, SH, serta Pengawas Sekolah SMKN 3 Yogyakarta, Drs.Sutrisno,MMd. Dalam sambutan Suhartati,SH menjelaskan, bahwa penggunaan Kurikulum 2013 di SMK harus sudah mulai dilaksanakan oleh seluruh sekolah, khususnya pada kelas X tahun ajaran 2014/2015, namun pada beberapa Sekolah Rujukan Nasional sudah di mulai tahun 2013/2014 dan salah satunya adalah SMKN 3 Yogyakarta.

“Kalo untuk SMKN 3 Yogyakarta, tahun ajaran 2014/2015 kelas X dan XI sudah menggunakan Kurikulum 2013, karena termasuk Sekolah Rintisan Kurikulum 2013 yg sudah dimulai tahun lalu” terang Suhartati.

Sedang menurut Drs. Sutrisno,MM menjelaskan bahwa Kurikulum 2006 dan 2013 kurang lebih sama, yang berbeda adalah RPP dan Silabus. Selain itu ada beberapa kelemahan peserta didik SMK yang harus di minimalisir oleh pendidik, yaitu komunikasi.

“Banyak siswa SMK yang secara ketrampilan kompetensi keahlian pintar, namun dalam hal komunikasi atau menjelaskan secara verbal masih lemah. Diharapkan pendidik dapat memacu ketrampilan komunikasi siswa misal dengan memberikan kesempatan mengemukakan pendapat melalui kerja kelompok” tambah Sutrisno.