Berita | Featured

PAMERAN HASIL KARYA DAN START UP BISNIS SISWA SMK N 3 YOGYAKARTA

Bertepatan dengan hari pahlawan 10 November 2020, SMK N 3 Yogyakarta menggelar pameran budaya dan startup bisnis bagi siswa. Pameran ini terdiri dari beberapa paket keahlian atau jurusan di sekolah. Ada 6 stand yang dipamerkan meliputi: Jurusan TKRO, TI, TKP, T.Elektronika, T.Listrik dan 2 stand terdiri dari: produk budaya serta buku karya Guru Skagata. Kegiatan tersebut memperlihatkan berbagai hasil karya siswa. Harapannya siswa mampu mengembangkan kompetensi dengan berinovasi dalam dunia wirausaha.

Keterampilan yang telah dimiliki oleh siswa bisa dijadikan acuan untuk kesuksesan dalam mengembangkan karya mereka. Karya dari siswa yang ditunjukkan seperti: hasil karya jurusan teknik komputer dan jaringan menghasilkan karya CCTV Online, ada juga karya hasil limbah-limbah ban bekas dari kerajinan seni budaya siswa. Peserta pameran yang terlibat antara lain: alumni yang memiliki bisnis start up terdiri dari 8 orang, semua jurusan atau pihak dari mata pelajaran PKK serta tamu yang diundang meliputi: Kadisdikpora dan IDUKA.

Acara ini diselenggarakan untuk memublikasikan hasil pameran dengan prospek kerja yang cerah bagi siswa SMK.  Di Era globalisasi ini justru bakat kewirausahaan perlu diprioritaskan agar mampu berdaya saing ketika memasuki dunia kerja. Siswa punya bakat maka mereka pasti bisa berkompetisi dengan baik kelak ketika sudah bekerja. Dunia industri menunjukkan dukungan yang maksimal dengan memberikan fasilitas dan peluang bagi siswa untuk berwirausaha. Dengan begitu, kualitas sumber daya manusia yang tercermin dari siswa akan mampu menjadikan generasi pemuda yang unggul. Siswa yang diterima kerja di industri tentu harus punya jiwa kreatif dan disiplin tinggi.

Kegiatan ini mendapatkan dukungan berupa bantuan fasilitas dari direktorat. Fasilitas tersebut menjadi wadah untuk keberhasilan unjuk karya siswa di acara pameran. Banyak pihak yang tertarik terhadap seni budaya. Seni dapat menjadi ciri khas gambaran keindahan suatu karya. Tidak hanya indah dari luar saja, akan tetapi hal yang sangat menarik dari karya tersebut bisa dijadikan pembelajaran bagi siswa maupun orang lain. Bermanfaat juga dalam peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi. Maka, manfaat belajar menciptakan hasil karya bisa meningkatkan keunggulan sumber daya manusia kreatif serta inovatif.

Pelaksanaan pameran dibuka pada pukul 07.30, pembukaan acara diawali dengan pertunjukan atau hiburan oleh Gamelan Sekar Laras. Berbagai jenis Gending Jawa dimainkan oleh beberapa bapak/ibu guru dan karyawan SMK N 3 Yogyakarta. Setelah acara pembukaan, dilanjutkan dengan sambutan serta kunjungan pameran oleh tamu undangan. Lokasi pameran ini berada di ruang (Bima) atau Aula dan halaman depan sebelah timur SMK N 3 Yogyakarta.

Acara diselenggarakan dengan penuh antusias dari berbagai pihak di Sekolah. Kegiatan ini  mendapatkan apresiasi dari pihak industri atau tamu yang hadir saat acara pameran berlangsung. Pada saat itu pun, beberapa siswa kejuruan mempresentasikan hasil karya startup bisnis mereka. Mereka mampu merintis startup bisnis dalam berwirausaha seperti: Alfiantok.com, Belanja Di Sini Aja, dan JogjaBiz.com . Potensi siswa merupakan prestasi yang luar biasa untuk bekal masa depan mereka. Kegiatan pameran budaya dan start up bisnis perlu dilaksanakan bagi siswa SMK. Kegiatan ini mampu mengembangkan bakat dan minat siswa sehingga siswa punya kesempatan mempresentasikan hasil karya mereka. Pastinya ada beberapa siswa yang ingin berwirausaha. Dukungan dari pihak sekolah merupakan penopang utama dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Akhirnya, acara pameran dan start up bisnis berjalan dengan lancar dan sukses. Siswa SMK N 3 Yogyakarta memang Bisa dan pasti Bisa terutama dalam berwirausaha. Majulah terus SMK N 3 Yogyakarta supaya tetap mengudara.

Foto-foto

Acara pembukaan
Hasil karya siswa otomotif
Produk kreatif siswa dari limbah bengkel
Karya dan prestasi siswa mesin
Hasil karya siswa multimedia
Stand pameran produk budaya
Stand pameran buku karya guru Skagata
Stand pameran elektronika

Similar Posts