DESIMINASI HASIL DIKLAT DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Jumat (30/4), dimulai pukul 07.30-14.30 WIB di ruang Yudhistira SMK Negeri 3 Yogyakarta diselenggarakan desiminasi hasil diklat. Acara dibuka oleh Kepala Sekolah B. Sabri yang diwakili oleh wakil kepala sekolah bidang kehumasan Eko Mulyadi, menyampaikan pesan bahwa diera pandemi Covid-19 tetap jaga kesehatan, bahagia agar imunitas kita meningkat, serta kegiatan pengimbasan ini dijadikan tradisi untuk bertukar pengalaman hasil diklat agar pemerataan mutu SDM merata dan pengimbasan bernilai pada pengembangan diri baik sebagai pemrasaran maupun peserta. Bagi ASN untuk pengusulan angka kredit.

Dilanjutkan dengan pengimbasan AKM-Asesmen Kompetensi Minimum yang disampaikan oleh Maryuli Darmawan, AKM sebagai pemetaan pendidikan terutama literasi dan numerasi. Untuk SMK dilaksanakan di kelas XI dan sampel diambil tiap sekolah 40 siswa yang ditentukan oleh Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.

Berikutnya penyampaian materi tentang Aksara Jawa sebagai pemrasaran, Arpeni Rahmawati menyampaikan hasil Konggres Aksara Jawa (KAJ), yang akan diterapkan di daerah Istimewa Yogyakarta. Hasil Diklat Fiksi disampaikan oleh Rika Yuliastuti dan Eko Mulyadi, tentang menulis fiksi, tujuan dan manfaat, menyelesaikan fiksi dan sampai membuat sinopsis.

Materi terakhir hasil diklat tentang Penelitian Tindakan Kelas disampaikan oleh Nurlaila Mahmudah, dengan ciri PTK harus ada kata peningkatan dan siklus dengan Planning, Observing, Acting dan Reflecting jadi merencanakan, mengamati, melaksanakan, dan merefleksi yang akan dijadikan perbaikan untuk siklus selanjutnya.Acara diakhiri pukul 14.30 WIB dengan menyimpulkan materi hasil pengimbasan setiap pemrasaran oleh pembawa acara Syahrina Ramadina. Semoga dengan desiminasi hasil diklat akan menigkatkan pemerataan mutu pendidikan bagi SDM Guru. Guru Bermutu, Indonesia Maju.