E-RAPOR PTS SEBAGAI KONTROL BELAJAR

Pada hari Jum’at tanggal 16 April 2021, SMK Negeri 3 Yogyakarta membagikan hasil belajar atau e-rapor PTS semester genap tahun pelajaran 2020/2021 kepada seluruh wali siswa kelas X, XI dan XII secara daring melalui aplikasi WA. Hal ini dilakukan setelah  kegiatan belajar mengajar secara daring atau online sudah berjalan selama 3 bulan dan seluruh siswa telah mengikuti pekan Penilaian Tengah Semester (PTS) yang diselenggarakan pada pertengahan bulan Maret yang lalu di masa Pandemi Covid 19 ini.

Pembagian e-rapor yang dimulai pada jam 08.00 WIB ini diawali dengan pengarahan dari Bapak Bapak Drs. Bujang Sabri selaku Kepala Sekolah. Dalam arahannya beliau menyampaikan bahwa e-rapor ini harus disampaikan wali kelas ke orang tua siswa masing-masing secara japri WA sebagai bentuk laporan perkembangan belajar dari pihak sekolah kepada orang tua siswa. Pengarahan selanjutnya oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum SMKN 3 Yogyakarta yaitu Bapak maryuli Darmawan, S.Pd.,M.Eng. Beliau menyampaikan bahwa nilai yang tertera didalam rapor PTS ini tidak bersifat mutlak atau masih bersifat sementara, artinya jika ada nilai-nilai yang belum tuntas atau belum KKM dari tiap mapel, siswa  masih dapat  melakukan perbaikan nilai atau remidi dengan cara menghubungi guru mapel yang bersangkutan.

Adapun tujuan dari pembagian e-rapor PTS semester genap 2020/2021 ini adalah sebagai bentuk kontrol dan laporan pihak sekolah kepada wali siswa atas perkembangan hasil belajar siswa selama 3 bulan terakhir. Selain itu e-rapor PTS juga berfungsi sebagai wujud kontrol bagi siswa kelas X, XI, dan XII SMKN 3 Yogyakarta atas apa yang sudah mereka capai. Hasil penilaian guru yang diambil dari data presensi dan tugas2 belajar siswa dapat merefleksikan prestasi belajar baik dari aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Data nilai ini digunakan sebagai bahan untuk membuat rencana tindak lanjut, waktu yang masih ada dapat siswa gunakan untuk memperbaiki nilai yang belum tuntas, guru mapel masih dapat melakukan pelayanan dan bimbingan belajar, wali kelas bersinergi dengan guru BK masih dapat melakukan pendampingan, pembinaan, dan memberi motivasi kepada siswa serta melakukan koordinasi dan komunikasi intensif dengan wali siswa sehingga hasil belajar siswa di tahun akhir ajaran nanti tuntas, siswapun dapat melanjutkan ke tingkat belajar selanjutnya.

SYAHRINA RAMADINA, S.Pd.T.,M.Pd