Berita | Featured

PELUNCURAN PORTAL KARIR SKAGATA CAREER CENTER BURSA KERJA KHUSUS SMKN 3 YOGYAKARTA

Menginjak usia ke 53 tahun, SMKN 3 Yogyakarta (SKAGATA) sebagai salah satu sekolah menengah kejuruan tertua di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta kembali meluncurkan inovasi baru berbasis Teknologi Informasi. Bertempat di Aula SKAGATA, bertepatan dengan peringatan berdirinya SMKN 3 Yogyakarta, 1 Agustus 2018, akan diadakan Grand Launching Portal Karir SKAGATA CAREER CENTER Bursa Kerja Khusus SMKN 3 Yogyakarta. Portal ini merupakan Portal Karir pertama di Indonesia yang menghubungkan antara BKK SMK, Perusahaan dan Lulusan SMK Pencari Kerja yang dapat memberikan lowongan yang relevan sesuai jurusan pencarí kerja. Peluncuran Portal Karir ini akan diresmikan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi DIY dan Kepala Dinas Pendidikan dan Olah Raga DIY.

Bursa Kerja Khusus (BKK) di SMK merupakan salah satu komponen penting dalam mengukur keberhasilan pendidikan di SMK, karena BKK menjadi lembaga yang berperan mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan sumber informasi untuk pencari kerja. Selain itu juga unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, pelaksana pemasaran, penyaluran dan penempatan tenaga kerja, yang merupakan mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Optimalisasi layanan BKK kepada alumni atau pencari kerja lulusan SMK menjadi salah satu latar belakang munculnya inovasi berbasis teknologi informasi ini.

Ada dua keuntungan yang diharapkan yaitu USP (Unique Selling Proposition), sebagai portal karir pertama di Indonesia yang menjembatani antara BKK, Perusahaan dan Lulusan SMK pencarí kerja yang dapat memberikan lowongan yang relevan sesuai jurusan pencarí kerja. Juga mempermudah sekolah khususnya BKK dalama tracking alumninya melalui portal karir tersebut. Monitoring lowongan yang data dipantau secara realtime, dari sisi perusahaan, sekolah (BKK) juga pencaker, dan juga mendukung seleksi online yang mempermudah HRD dan BKK dalam menseleksi kandidat pencaker. Sehingga pencaker juga mendapat fitur tracking lamaran yang telah di apply oleh pencaker tersebut. Siswa SMK pun bisa mencari tempat untuk prakerind dalam portal karir tersebut dan tersedia juga menu lowongan untuk difabel. Keuntungan lain yang diharapkan adalah UVP (Unique Value Proposition), yaitu :

– Online Apply

– Relevant Jobs for Jobseekers

– Online selection

– Tracking Applicant (for jobseeker)

– Automatic make Curriculum Vitae

– Portal as Information, publication, education and transaction media

– Valid and complete report

– User statistics

– Tracking Alumni

– User demography statistics

– Available for Prakerind and difable jobs

 

Selain itu inovasi ini muncul karena keresahan pengurus BKK dalam pelaksanaan pendaftaran dan pengelolaan data para kandidat pencari kerja yang melamar kerja melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta. “Selama ini, para pelamar kerja setiap melamar pekerjaan melalui BKK SMKN 3 Yogyakarta diharuskan mengisi formulir pendaftaran serta melampirkan dokumen lamaran kerja, kemudian biasanya perusahaan juga menginginkan rekap pendaftar lowongan dalam bentuk file excel sehingga pengurus BKK harus menulis ulang data formulir pencari kerja ini, kami jadi kerja dua kali. Selain itu dokumen lamaran dan formulir itu menjadi menumpuk memenuhi lemari dokumen apabila perusahaan tidak membawanya” ungkap Faiz Mudhokhi, Koordinator BKK SMKN 3 Yogyakarta.

Melalui Portal Karir yang beralamat di http://www.bursakerjasmk.sch.id, semua ketidakefektifan dalam proses melamar kerja para pencari kerja berusaha diminimalisir sehingga semua pihak mendapatkan kemudahan. Faiz menambahkan, “Dengan adanya portal karir ini, para pelamar kerja dapat melamar kerja dimana saja tanpa harus datang ke kantor BKK. Cukup dengan membuat akun dan mengisi data Curriculum Vitae dengan lengkap serta mengunggah dokumen lamaran, setiap pelamar kerja dapat melamar kerja pada lowongan yang tersedia dengan cukup 1 kali klik tombol “Lamar Kerja”. Perusahaan pun dapat secara otomatis mendapatkan data Curriculum Vitae pelamar lowongannya, sekaligus melakukan seleksi online kepada pelamar lowongan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan melalukan panggilan tes, serta pencari kerja juga bisa secara realtime mendapatkan informasi progress lamarannya”

Dengan adanya portal karir ini, BKK dan Perusahaan dapat dimudahkan dalam mendapatkan Kandidat serta melakukan seleksi secara online. “Memudahkan semua pihak antara BKK, Perusahaan, dan Pencari kerja adalah tujuan dibuatnya website ini. Dengan sekali klik masing-masing pihak bisa mendapatkan keinginannya, Pencari Kerja mudah dalam melamar kerja, Perusahaan mudah mendapatkan data pelamarnya, dan BKK dapat dengan mudah mendapatkan data pelamar serta hasil recruitment dapat cepat kami sampaikan kepada Pihak Disnaker untuk pelaporan penempatan tenaga kerja yang rutin BKK lakukan” harap Faiz.

Dalam acara peluncuran Portal Karir ini juga akan dilakukan seremoni pemotongan tumpeng untuk memperingati berdiri nya SMKN 3 Yogyakarta, sekaligus juga memperkenalkan kelompok gamelan yang dimiliki oleh SMKN 3 Yogyakarta serta menampilkan kemampuan siswa dalam berkesenian. Melalui acara ini diharapkan dapat menunjukan bahwa SMKN 3 Yogyakarta mampu berinovasi sesuai dengan perkembangan teknologi serta mampu melestarikan kebudayaan di Kota Jogja yang Istimewa.

Similar Posts