BERBAGI INDAH

Fakta ditengah situasi pandemi Covid-19, perlunya digerakan kepedulian untuk membantu warga masyarakat yang terdampak ekonomi, pendidikan dan lingkungan. Semua kena imbasnya, inilah ujian tentang empati bagi masyarakat tidak terlepas mampu maupun tidak mampu.
Dalam rangka kepedulian itu kepala SMK Negeri 3 Yogyakarta, B. Sabri, meluncurkan program “ Berbagi Indah “, dengan menggerakan Guru dan Karyawan agar peduli kepada warga sekolah dan masyarakat yang paling terdampak . Situasi seperti ini saatnya untuk berlomba-lomba mencari pahala.
Ada tiga program “Berbagi Indah” yang dilucurkan yakni program pertama, pembagian 700 paket sembako kepada siswa yang berkategori pemegang kartu KMS, Kartu Cerdas, KRM dan PIP, dengan sumber dana menghimpun secara sukarela atau keikhlasan guru karyawan.
Paket sembako dibagikan mulai hari Rabu, Kamis dan Senin, tanggal 22,23 dan 27 April 2020, pukul 08.00-10.00 WIB. Teknis pembagiannya mengikuti protokol pencegahan Covid-19 serta melibatkan unsur pengawasan dari polsek, dan TNI. Siswa atau orang tua pengambil wajib memakai masker, datang cuci tangan dengan sabun pada air mengalir, mengambil sembako dengan menunjukkan kartu pelajar, tidak ada salaman dan sentuhan, setelah mengambil segera pulang.

Program kedua, pembagian 1.324 Paket data internet untuk semua siswa kelas X, XI dan guru penggampu, guna penunjang pembelajaran daring. Sumber dana paket data dari BOSNAS. SMKN 3 Yk menggandeng provider yakni Axis, Indosat, telkomsel, Smartfren, Three dan XL untuk pemenuhan paket data. Cara pembagiannya ditembak langsung atau injeksi dan bentuk voucher yang nomornya dibagikan oleh wali kelas . Voucher data dibagikan Senin (27/4), mulai pukul 08.00 WIB.

Program ketiga, pembagian paket cuci tangan untuk warga sekitar lingkungan SMK N 3 Yogyakarta, guna mencegah pandemi Covid-19, warga masyarakat agar rajin mencuci tangan dengan sabun pada air yang mengalir, paket bantuan berupa wadah air berkran mengalir. Paket cuci tangan akan dibagikan Senin tanggal 27 April 2020, pukul 09.00 WIB.

Semoga program berbagi indah bisa mengetuk hati para dermawan untuk menumbuhkan rasa peduli dan empati kepada sesama yang paling membutuhkan bantuan, terutama yang terdampak ekonomi, pendidikan dan lingkungan.