Berita | Featured

SKAGATA CAREER DAY 2023 MEMBERI WAWASAN JENJANG KARIR SETELAH LULUS SEKOLAH

SMK Negeri 3 Yogyakarta tahun ini kembali mengadakan “Skagata Career Day” yang mengusung tema Paving the Path to Your Future. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, tanggal 3-4 Mei 2023 mulai jam 07.00 – 16.00 WIB. Meskipun acara ini ditujukan khusus untuk kelas XII sebagai sarana untuk membuka wawasan jenjang karir setelah lulus, Skagata Career Day ini juga bersifat umum. Ada 3 jenjang karir lulusan SMK yaitu Bekerja, melanjutkan dan wirausaha. Dengan diadakannya acara ini diharapkan lulusan SMK N 3 Yogyakarta khususnya dan lulusan SMA/ SMK umumnya bisa menentukan pilihan karir sesuai dengan minatnya.

Kegiatan Skagata Career Day ini diikuti oleh 23 peserta dari perguruan tinggi, perusahaan dan LPK. Tujuan diadakan kegiatan ini untuk mempertemukan secara langsung siswa kelas XII khususnya dengan perguruan tinggi (Bagi yang ingin melanjutkan), perusahaan dan LPK (Bagi yang ingin bekerja). Selain hal tersebut siswa kelas XII juga diberikan pengetahuan tentang personal branding, dan juga motivasi dari alumni baik yang sedang kuliah atau sudah bekerja, melalui talkshow alumni. Ada juga presentasi dari perguruan tinggi, perusahaan, LPK sehingga Siswa kelas XII bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas. Diharapkan setelah mengikuti kegiatan ini, siswa kelas XII mendapatkan bekal yang cukup untuk karir yang akan mereka pilih setelah lulus.

Baik perguruan tinggi, perusahaan atau LPK menawarkan keunggulannya masing-masing. Misalkan kampus Atma Jaya yang menawarkan keunggulan Akreditasi A, Techno Based Campus (penggunaan teknologi pada semua program), Smart Water Station (akses air minum) dan bisa kuliah sambil bekerja di kampus sendiri (Stundent Staff).

Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST) dengan unggulan Program Studi favorit Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) dan manajemen, selain biaya kuliah yang terjangkau.

Universitas Amikom Yogyakarta mengunggulkan Program Studi informatika dan Program Studi ilmu komunikasi. Memiliki Unit bisnis sendiri (Badan usaha milik AMIKOM) dibidang broadcasting, pertelivisian, radio, web programing, animasi. Menghasilkan film “Kinah dan Redjo” yang akan tayang di bioskop Indonesia.

Institut Sains dan Teknologi AKPRIND, kampus spesialis teknik dengan keunggulan di Program Studi  teknik mesin, teknik geologi, dan bisnis digital. Selain itu AKPRIND menawarkan program magang di semester 7 dan tidak perlu kuliah. Pengalaman magang bisa ditukarkan dengan SKS 1 semester dan konversi nilai 1 semester. Seleksi masuk ke AKPRIND yang menarik adalah bisa melalui jalur beasiswa sampai lulus dan KIP-K (Kartu Indonesia Pintar Kuliah)

PT. Duta Wibawa Mandaputra merupakan Perusahaan penempatan migran Indonesia dengan tujuan pemberangkatan Malaysia, brunai, turki, Timur Tengah. Perusahaan ini juga mengadakan Lembaga Pelatihan untuk pekerjaan yang membutuhkan skill, agar pekerja dari Indoesia memiliki skill yang sesuai dengan pekerjaan yang dipilih.

Selain itu dari perusahaan yaitu PT Hari Mukti Teknik, PT. Borwita Citra Prima dan Citranet menawarkan lowongan pekerjaan yang bisa dimanfaatkan oleh siswa yang tertarik bekerja setelah lulus sekolah.

Kesempatan untuk memperoleh informasi seputar perguruan tinggi ini juga tidak dilewatkan oleh beberapa siswa dari SMK N 1 Yogyakarta. Anna Yovela bersama teman-temannya berkunjung ke Skagata Career Day dengan tujuan untuk memperoleh informasi kelanjutan studi di perguruan tinggi.

Semoga Skagata Career Day tahun ini bisa memberikan manfaat untuk semua siswa kelas XII khususnya dalam mencari gambaran karir setelah lulus nanti dan siswa kelas X, XI dalam mempersiapkan diri menentukan jenjang karir yang akan dipilihnya nanti.

Link terkait:

https://www.krjogja.com/amp/pendidikan/read/503695/lulus-smk-ingin-merantau-ortu-jangan-gondeli-anaknya

https://radarjogja.jawapos.com/jogja-utama/2023/05/04/smk-n-3-jogja-memfasilitasi-siswa-agar-tidak-bingung-setelah-lulus-sekolah/

Similar Posts